Rabu, 02 Juni 2010

Cara Install Windows XP menggunakan Flash Disk

Kebanyakan model Notebook sekarang sudah tidak lagi dilengkapi dengan CD-Room, pasti kebanyakan dari kita pasti sulit bila System Windows pada Notebook kita rusak dan harus di install ulang. Dan bagaimana bila Notebook tersebut tidak ada fasilitas CD-Room, pasti akan sulit untuk install tapi bila anda punya CD-Room external pasti tidak akan kesulitan untuk instal.

Tapi kali ini saya akan membahas Cara Install Windows XP menggunakan media removable disk atau yang biasa kita sebut dengan flash disk. Perlengkapan yang harus anda miliki untuk membuat Windows Xp pada flash disk adalah sebagai berikut :


1. Siapkan Flash Disk berukuran 1 Giga.
2. Flash boot anda bisa Download disini.
3. Software Ultra Iso bila anda belum memiliki Ultra Iso bisa Download disini.
4. Software Cd Windows Xp, anda bisa gunakan Cd Windows Xp Service Pack (SP1, SP2, SP3) apa saja yang anda miliki.

* Bila semuanya sudah lengkap langkah awal Flash Disk anda harus kosng dalam arti sudah terformat, kalau didalam Flash Disk tersebut masih ada data penting sebaiknya anda backup terlebih dahulu sebelum diformat.
* Setelah itu anda install software flashboot yang tadi sudah anda download pada PC atau Notebook yang lain.
* Masukan CD Installasi Windows Xp pada PC atau Notebook, lalu jalankan aplikasi ultra iso. Apa yang dimaksud dengan ultra iso : software untuk membuat files image yang nantinya akan berbentuk files iso dari dari CD (dengan Ultra Iso).

Lalu pilih menu tools -> lalu pilih make cd/dvd image atau anda bisa tekan tombol F8 pada keyboard, tidak perlu anda centang pada pilihan itu biarkan pilihan defaul saja klik make, lalu perhatikan penyimpanan files iso tersebut, tunggu sampai proses ultra iso selesai.


** Setelah membuat CD Windows Xp menjadi Image Iso, langkah selanjutnya anda buka aplikasi Flash boot pada desktop atau star

menu program. Kemudian jalankan FlashBoot & dan pilih opsi pertama ” Convert BartPE bootable disk to bootable flashdisk “

** Pilih lokasi sumbernya dari file ISO yang sudah anda bikin tadi klik next.

** Tentukan drive USB-HDD / flashdisk anda berada pada posisi mana misalkan Drive E klik next.

** Terakhir, tentukan format type sebaiknya anda pilih options yang ini “Partition disk (USB-HDD boot mode)”, untuk

menampilkan option tersebut anda hilangkan tanda centang dibawah yaitu options "save data on disk (avoid relomatting)".

** Silakan tunggu beberapa saat sampai Proses flashboot selesai.
Setelah proses selesai klik Done, klik tombol close untuk mengakhiri.
Eject atau Safely remove USB/flashdisk anda,
FINISH

Catatan : Sebelum anda menjalankan flash disk yang sudah anda buat tadi pastikan bahwa bios Notebook anda sudah berada pada pilihan First Boot Sequence pada options USB-HDD.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar